ANALISIS GAME RPG - POKEMON EMERALD & FINAL FANTASY III






BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Di jaman modern ini, perkembangan teknologi semakin pesat yang membuat kebiasaan manusia menjadi berubah. Kebiasaan seperti bermain game merupakan salah satu contohnya. Saat ini game tidak hanya diminati oleh anak-anak saja, tetapi juga diminati oleh orang dewasa. Perkembangan game dari tahun ke tahun telah menghadirkan banyak sekali genre atau aliran game yang bermacam-macam seperti game Action, Adventure, Shooter, Soccer, RPG, Strategy dan lain-lain. Salah satu genre yang banyak disukai saat ini yaitu game RPG. Genre RPG atau singkatan dari role-playing game adalah genre game yang memungkinkan pemain dapat memainkan peran dari suatu karakter tertentu yang berada dalam latar fiksi. Genre ini memiliki jalan cerita dalam permainannya sehingga pemain akan mengikuti jalan cerita game dari karakter yang dimainkannya. Perkembangan genre ini memiliki perkembangan yang cukup panjang. Dimulai dari model RPG yang memiliki sistem bertarung satu per satu karakter yang berbasis 2d hingga sistem pertarungan yang real time berbasis 3d. Ada banyak sekali game-game terkenal yang mengusung genre ini seperti game Final Fantasy, The Witcher 3, Chrono Trigger, Undertale, Pokemon, dan lain-lain.
Game Pokemon merupakan game RPG dan Strategy yang memungkinkan pemain bermain sebagai trainer atau pelatih dari pokemon. Pokemon merupakan suatu spesies menyerupai hewan ataupun monster yang dapat berevolusi dengan cara melatihnya ke level yang lebih tinggi. Trainer Pokemon dapat memiliki lebih dari satu Pokemon dengan cara menangkap Pokemon maupun pemberian dari karakter yang ada dalam cerita. Tujuan dari game ini yaitu mengumpulkan Pokemon yang kuat dan melatihnya agar mendapatkan gelar Hall Of Fame yaitu Pokemon terkuat yang mengalahkan rival terkuat di seri-seri game Pokemon. Game Pokemon memiliki banyak sekali versi dari masa ke masa hingga sekarang. Salah satu dari seri Pokemon yang memiliki jalan cerita yang bagus yaitu game Pokemon Emerald.
Game Final Fantasy III merupakan salah satu seri dari game RPG klasik yaitu Final Fantasy yang sekarang sudah di remastered dan tersedia untuk dimainkan di PC. Awalnya game ini dibuat pada tahun 1990. Game ini menceritakan tentang empat orang Warrior of the Light yang dipilih oleh Crystal untuk melakukan perjalanan demi menyelamatkan dari kegelapan. Pada versi original keempat karakter utama ini tidak memiliki nama, maka pada versi remastered untuk PC ini, setiap karakter memiliki nama dan backstory masing-masing sehingga cerita terasa lebih hidup. Setiap karakter ini nantinya akan memiliki keunikan sendiri-sendiri yang sesuai dengan job yang disediakan di dalam game.

1.2   Rumusan Masalah
1.      Apa itu game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III?
2.      Apa algoritma yang digunakan pada game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III?
3.      Apa alur permainan dari dari game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III?
4.      Bagaimana sistem pertarungan yang ada pada game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III?
5.      Siapakah pengembang dari game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III?
6.      Apa hasil akhir dari game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III?
7.      Berapa lama waktu bermain pada game Pokemon Emerald ini dengan game Final Fantasy III?

1.3   Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini yaitu mengetahui sistem permainan, alur permainan dan algoritma yang digunakan pada Game Pokemon Emerald dan Final Fantasy 3 serta membandingkan kedua game tersebut.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Algoritma Permainan pada Game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III
2.1.1   Algoritma Greedy
Algoritma Greedy terdapat dalam game Pokemon Emerald. Algoritma  Greedy  merupakan  algoritma  yang  memilih kandidat  solusi  terbaik  pada  saat  tertentu  untuk  diajukan menjadi  bagian  dari  solusi  total  (mengambil  optimum lokal   ke   dalam   bagian   dari   optimum   global)   dengan harapan solusi  optimum  lokal  benar  merupakan  bagian dari himpunan optimum global. Algoritma   Greedy   dapat   digunakan   untuk   mencari elemen    Pokemon    yang    terkuat    untuk    mengalahkan musuh,  serta  dapat  mengurangi  derajat  kekalahan  pada pemain    sebagai    implikasi    kekuatan    party    pemain Pokemon.

Algoritma greedy juga berperan dalam hal gameplay yang terdapat pada Game Final Fantasy. Dalam hal ini algoritma Greedy dapat digunakan untuk pemilihan karakter dalam 1 tim. Pemilihan karakter dibagi 3, 2 orang pertama sebagai penyerang lalu 2 orang sebagai bertahan kemudian 2 orang sisanya sebagai pendukung dalam tim (Komposisi dari 2 tipe karakter dapat disesuaikan dengan kondisi). Dalam memilih karakter bertahan, penggunaan algoritma Greedy dipakai untuk memilih karakter dengan Hit Points (HP) terbesar, jika ada dua karakter memiliki HP sama besar maka dipilih karakter dengan Defense (Def) yang terbesar. Sedangkan untuk penyerang dipilih karakter dengan serangan (Atk) dan akurasi yang besar, dalam hal ini Atk dan akurasi sama penting karena bila memiliki serangan yang besar namun tidak dapat mengenai lawan (missed) akan percuma, demikian juga sebaliknya jika serangan tepat tetapi tidak melukai lawan juga percuma.

2.1.2   Algoritma Backtracking
Algoritma Backingtrack ini terdapat pada game Final Fantasy III. Algoritma back-tracking atau (algoritma runut balik) adalah algoritma yang berbasis pada DFS (Depth First Search). Algoritma back-tracking dapat mencari solusi lebih cepat daripada algoritma brute-force karena algoritma ini tidak mencari semua kemungkinan solusi yang ada.
Penerapan algoritma back-tracking dilakukan sebagai cara tercepat untuk mencapai pemilihan job yang diinginkan oleh player. Misal jika ingin memiliki job lancer maka yang diperlukan adalah mencapai job thief dengan job level 3, archer job level 2 dan squire job level 2. Kita tidak perlu menjadi knight, monk, atau geomancer.

2.2   Peraturan Permainan
2.2.1   Alur dan Sistem Pertarungan Game Pokemon Emerald
Cerita dimulai dari trainer/pemain melakukan perjalanan dengan truk ke rumah barunya yang berada di kota “Littleroot Town”. Setelah sampai, trainer akan disambut oleh ibunya. Kemudian sang ibu akan menyuruh trainer untuk menemui Profesor Birch untuk mendapatkan Pokemon pertamanya. Pemain juga diberikan Pokedex untuk melihat Pokemon apa saja yang berhasil ditangkap. Setelah itu, misi pemain yaitu menjelajah ke seluruh kota yang ada pada region Hoenn untuk mengalahkan semua Gym (tempat pelatihan Pokemon) yang ada dan kemudian menantang Elite Four untuk masuk ke Hall Of Fame (Gelar yang diberikan setelah mengalahkan yaitu trainer terkuat yang ada pada seri game Pokemon). Pemain juga dapat mengisi Pokedex sebagai misi sampingan dan menangkap seluruh Pokemon yang ada pada game.
Selama pemain menjelajah, ia harus melewati berbagai rute, menyebrangi lautan, menelusuri padang pasir, goa, pegunungan, dan tempat lainnya. Pada rute tersebut, pemain akan dihadapkan dengan halangan, seperti Pokemon liar dan Trainer lain yang meminta untuk bertarung melawan pemain.
Di setiap kota, Pemain dapat mengunjungi Pokemon Center pada setiap kota untuk mengembalikan nyawa Pokemon yang dimiliki, mengecek PC untuk melihat pokemon yang sudah ditangkap, dan melakukan pertukaran pokemon dengan pemain lainnya. Pemain juga dapat membeli beberapa perlengkapan/item di Pokemon Mart yang ada pada setiap kota, seperti potion (obat penambah nyawa Pokemon), antidote (obat mengobati Pokemon yang keracunan), Pokeball (bola untuk menangkap Pokemon liar), dan lain-lain. 
Pemain juga diwajibkan untuk mengalahkan Gym (tempat pelatihan Pokemon) di beberapa kota. Setiap Gym memiliki spesialisasi di satu buah elemen. Ada Gym yang berfokus pada elemen Lightning, ada yang berfokus pada elemen Fire, dan lain-lain. Setelah pemain mengalahkan Leader dari sebuah Gym, pemain akan mendapatkan sebuah Badge dan sebuah HM (Hidden Machine). Badge membantu player untuk menjinakkan Pokemon pada level tertentu, dan Hidden Machine memberikan jurus baru kepada Pokemon yang dapat membantu perjalanan trainer ke suatu tempat. Misal ada gua yang sangat gelap sehingga pemain tidak bisa melihat sekitar. Dengan adanya HM, Pokemon dapat melakukan jurus Flash yang dapat memberikan penerangan ketika pemain berada di dalam gua.
Pada saat pemain menelusuri Hoenn, pemain juga akan bertemu dengan tim Magma dan tim Aqua. Kedua tim ini berencana untuk membangunkan dua Pokemon legendaris, yaitu Groudon dan Kyogre. Pemain harus menghentikan kedua tim tersebut sebelum kedua Pokemon legendaris ini bangun dan menghancurkan Hoenn.
     Di ahkir permainan, pemain akan dihadapkan dengan lawan terkuat yaitu Wallace. Wallace adalah seorang mantan Gym Leader di Sootopolis City yang berhasil mengalahkan Champion di game sebelumnya, yaitu Steven, yang menjadi Champion pada game Pokemon Ruby dan Sapphire. Setelah pemain berhasil mengalahkan Wallace, pemain akan masuk ke Hall of Fame dan permainan akan berakhir.
                   
Sebuah Pokemon memiliki beberapa stat, yaitu HP, Attack, Defense, Special Attack, Special Defense, dan Speed yang mempengaruhi jalannya pertarungan. Jika Pokemon kehilangan seluruh HP dalam pertarungan, maka pokemon tersebut akan pingsan/faint dan tidak dapat bertarung kembali. Attack dan Special Attack menentukan kekuatan serangan Pokemon. Defense dan Special Defense membantu Pokemon dalam menahan serangan Pokemon lawan. Speed menentukan kecepatan serangan Pokemon. Pokemon yang memiliki Speed tertinggi akan menyerang terlebih dahulu. Setiap Pokemon memiliki Level, dari level 1 hingga 100. Level ini akan menaikkan stat setiap Pokemon. Semakin tinggi level suatu Pokemon, maka stat yang dimiliki akan semakin tinggi. Pokemon juga dapat mempelajari jurus baru/berevolusi jika sudah menyentuh level tertentu.
Setiap Pokemon memiliki elemen masing-masing. Elemen ini akan menentukan apakah suatu Pokemon kuat/lemah terhadap serangan Pokemon lawan. Misalnya, jika sebuah Pokemon memiliki elemen Api/Fire, maka Pokemon tersebut lemah terhadap serangan elemen Air/Water dan kuat terhadap serangan elemen Rumput/Grass. Pokemon dengan elemen Fire juga akan mempelajari jurus elemen Fire yang lebih kuat jika melawan Pokemon elemen Grass dan lemah melawan elemen Water. Terdapat 17 elemen Pokemon pada game ini, yaitu Normal, Fire, Fighting, Water, Flying, Grass, Poison, Electric, Ground, Psychic, Rock, Ice, Bug, Dragon, Ghost, Dark, dan Steel

              
Berikut ini adalah tabel persebaran kelemahan dan kekuatan setiap elemen. Warna hijau berarti elemen jurus lebih kuat (setiap jurus yang dikenakan mengurangi HP 2x lipat) atau elemen pokemon yang diserang lebih lemah, warna merah berarti elemen jurus lebih lemah (setiap jurus dikenakan hanya berefek setengah kali) atau elemen pokemon yang diserang lebih kuat dari serangan lawan yang lemah, warna putih berarti netral (setiap jurus yang dikenakan mengurangi daya hidup lawan sesuai dengan nilai yang tertulis pada jurus), dan warna hitam berarti imun (serangan jurus tidak berefek apapun kepada lawan).
Selain memiliki elemen, Pokemon juga memiliki ability/skill yang unik. Setiap spesies Pokemon memiliki ability yang berbeda, bahkan bisa saja satu spesies yang sama memiliki ability yang berbeda. Setiap Pokemon juga memiliki nature/sifat tersendiri, yang dapat mempengaruhi stat setiap Pokemon. Walaupun pemain memiliki 2 Pokemon yang sama, stat dan ability bisa saja berbeda karena adanya nature dan ability ini.
Setiap Pokemon juga diperbolehkan untuk memegang 1 buah item. Item yang dipegang akan memiliki efek yang berbeda. Misalnya, jika Pokemon diberikan item Quick Claw, ada kemungkinan Pokemon tersebut menyerang terlebih dahulu, walaupun speed Pokemon tersebut lebih kecil dari pokemon lawan. Namun, beberapa item buatan manusia seperti Potion dan Antidote tidak akan memiliki efek apapun jika dipegang oleh Pokemon, sehingga pemain harus menggunakannya secara manual.

               
Pertarungan pada Pokemon Emerald terdiri dari 2 Pokemon menggunakan turn based system/system giliran. Setiap pemain akan mendapat satu giliran menyerang dalam satu waktu. Di satu giliran, pemain hanya boleh memilih satu aksi, yaitu Fight, Bag, Pokemon, dan Run. Perintah Fight digunakan bila pemain ingin menyuruh Pokemon miliknya untuk menyerang Pokemon lawan. Pemain dapat memilih salah satu dari 4 jurus yang dimiliki oleh Pokemon tersebut. Setiap jurus memiliki efek berbeda-beda, yang mampu mempengaruhi musuh maupun diri sendiri, baik secara fisik maupun status. Bahkan terdapat serangan yang mampu menyebabkan damage berkali-kali dalam satu giliran.
Status yang diterima Pokemon dari serangan, macamnya bisa beragam. Ada yang mempengaruhi kemampuan Pokemon secara sementara, ada yang mempengaruhi HP pokemon di tiap turnnya, ada juga yang menyulitkan Pokemon melakukan serangannya. Selain itu, tiap serangan fisik mempunyai elemen. Perbedaanya adalah Pokemon bisa memiliki hingga dua elemen, sedangkan serangan fisik hanya satu elemen.
Perintah Bag digunakan apabila pemain ingin menggunakan item yang disimpan dalam bag, contohnya item Potion yang dapat mengisi HP dari Pokemon miliknya, atau Revive yang dapat mengembalikan nyawa Pokemon yang sudah pingsan sehingga dapat digunakan kembali dalam pertarungan. 
Perintah Pokemon digunakan bila pemain ingin mengganti Pokemon yang sedang bertarung dengan Pokemon lain yang ia miliki. Pemain diperbolehkan untuk membawa 6 Pokemon sekaligus. 
Perintah Run digunakan bila pemain tidak ingin bertarung dan kabur. Keberhasilan pemain untuk kabur bergantung dari stat Speed dari pokemon yang ia miliki. Jika Speed Pokemon yang bertarung lebih kecil dari lawan, maka kemungkinan untuk bisa kabur lebih kecil. Pemain hanya bisa kabur jika ia bertemu Pokemon liar. Jika pemain bertemu dengan trainer lain, maka pemain tidak diperbolehkan untuk kabur. 
Jika pemain bertemu dengan Pokemon liar, pemain dapat menangkap Pokemon tersebut dan menambah koleksi Pokemon miliknya. Pemain dapat melempar Poke Ball dari Bag unuk dapat menangkap Pokemon. Jika Pokemon berhasil ditangkap dan pemain sudah membawa 6 Pokemon dalam party, maka Pokemon yang sudah ditangkap otomatis akan ditransfer ke Pokemon Storage System yang dapat diakses pada sebuah PC di Pokemon Center. Pemain kemudian dapat mengunjungi Pokemon Center untuk melihat Pokemon yang sudah ditangkap dan memutuskan apakah Pokemon yang sudah ditangkap akan dia masukkan ke party atau tidak. Pemain juga tidak diperbolehkan untuk menangkap Pokemon milik trainer lain, sehingga pada saat pemain melempar Poke Ball ke Pokemon lawan, Poke Ball tersebut akan terpental

2.2.2   Alur dan Sistem Pertarungan Game Final Fantasy III
Tujuan dari permainan Final Fantasy III ini adalah menyelematkan dunia dari Cloud of Darkness. Di awal permainan pemain akan berperan sebagai Luneth yang jatuh ke sebuah lubang akibat gempa bumi yang menyebabkan Luneth harus menyusuri gua. Kemudian Luneth bertemu dengan para Goblin yang ingin menyerangnya. Setelah itu pemain diharuskan untuk menelusuri jalan untuk menemukan beberapa item seperti Leather Shield, Long Sword dan Potion. Ketika berada di dalam gua, Luneth akan bertemu dengan bos pertama yaitu Land Turtle. Setelah berhasil melawan, kemudian Luneth bertemu dengan kristal yang berbicara kepadanya bahwa Luneth terpilih menjadi seseorang yang akan menyelamatkan dunia dari kejahatan Cloud Of Darkness. Selama perjalan, pemain akan menemukan hero-hero baru yang akan menuntun perjalan pemain. Hero-hero tersebut akan membantu dalam melawan monster-monster dan membuat cerita baru sesuai dengan karakter yang dibawa. Karakter yang tersedia memiliki status pekerjaan masing-masing, seperti ada yang menjadi freelancer, warrior, monk, white mage, dan lain-lain. Setiap karakter memiliki kelebihan masing-masing dalam pertarungan, seperti white mage yang mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan hero, warrior yang memberikan extra damage ke lawan, serta monk yang memiliki pukulan fisik yang kuat. Setiap hero akan memperoleh level dan semakin level nya tinggi, maka kekuatan yang dimiliki semakin kuat.
Final fantasy III merupakan game turn-based battle system atau TBS dimana pemain bermain bergiliran.
               
Pada saat menghadapai musuh layar akan mengalami transisi ke layar pertempuran. setiap karakter atau anggota akan dipilih untuk melakukan aksi dari opsi yang tersedia seperti fight, magic, atau items.
Dalam permainan final fantasy III ini semua hero diharuskan terlibat dalam pertarungan melawan musuh sekaligus, berbeda dengan Pokemon yang spesies Pokemonnya tidak semua terlibat dalam pertarungan. Pemain akan menentukan hero apakah yang tepat untuk membunuh suatu musuh tertentu. Pemain juga dapat menentukan ability yang digunakan untuk melawan musuh seperti menggunakan magic pada mage maupun memilih pedang pada warrior. Ability para hero juga akan diberi batas, jika ability hero telah habis maka hero tidak dapat melakukan serangan apapun. Maka dari itu, pemain dapat melakukan guard pada hero yaitu hero tertentu tidak akan melakukan serangan pada musuh (bertahan).
Untuk giliran siapa yang akan menyerang lebih dulu dilakukan secara acak. Bisa jadi dipertarungan sebelumnya, pemain hero dapat menyerang lebih dulu dan di pertarungan selanjutnya musuh akan menyerang lebih dulu.

2.3   Pengembang Permainan
2.3.1   Game Pokemon Emerald
Pokémon Emerald merupakan salah satu seri game RPG generasi ketiga yang dikembangkan oleh Game Freak, diterbitkan oleh The Pokémon Company, dan didistribusikan oleh Nintendo untuk konsol genggam Game Boy Advance. Seri ini pertama kali dirilis di Jepang pada 16 September 2004, dan kemudian dirilis di Amerika Utara, Australia dan Eropa di tahun 2005. Pokemon Emerald adalah sebuah versi susulan dari Pokémon Ruby dan Sapphire yang telah rilis sebelumnya pada tahun 2003 sebagai awal mula pembukaan generasi ketiga dari Pokemon. 
Pokémon sendiri merupakan sebuah franchise yang dimiliki oleh Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995.  Pokémon merupakan video game tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga diciptakan oleh Nintendo. Sementara bila dibandingkan dengan yang lain, Pokémon merupakan serial waralaba terlaris ketiga di dunia setelah James Bond (karya Ian Fleming) dan Transformers (karya Hasbro), yang masih terus berjalan dan diperbaharui sesuai perjalanan jaman. Franchise Pokémon sendiri muncul dalam beragam bentuk, yaitu video game, anime, manga, trading cards, buku, mainan, dan masih banyak lagi.

2.3.2   Game Final Fantasy III
Final Fantasy III adalah permainan role-playing game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Square Co., Ltd. pada tahun 1990 untuk Nintendo Family Computer ("Famicom", dikenal secara internasional sebagai Nintendo Entertainment System). Cerita dari gamenya berpusat pada empat orang yatim piatu yang di pilih oleh sebuah Crystal. Crystal tesebut memberikan mereka semacam kekuatan, dan memerintahkan mereka untuk mengembalikan keseimbangan dunia.
Final Fantasy 3 rilis pertama kali di Jepang pada 27 April, 1990 dan tidak di rilis di luar Jepang sampai Remake dari gamenya yang di kembangkan oleh Matrix Software untuk Nintendo DS di rilis pada 24 Agustus 2006. Pada masanya game ini merupakan satu-satunya Final Fantasy yang tidak di rilis terlebih dahulu di Amerika Utara atau Eropa. Sebelumnya sudah ada rencana untuk merilis ulang game ini di Handheld WonderSwan milik Bandai Namco, begitu pula untuk seri yang pertama, kedua, dan ke empat. Tetapi perilisan tersebut di batalkan menyusul adanya pembatalan dini terhadap platform tersebut. Versi dari Nintendo DS mendapat sambutan positif dengan lebih dari 1 juta penjualaan di seluruh dunia.
Terakhir game ini akhirnya di remastered dan dirilis untuk versi PC. Untuk versi PC-nya bisa dibeli melalui Steam sejak tahun 2014 kemarin. Pada versi PC ini grafis yang tampil juga dibuat ulang yakni dengan gaya 3D chibi. Selain grafis 3D, Final Fantasy PC ketiga ini juga dilengkapi dengan FMV (Full Motion Video) yang pertama kali muncul di Final Fantasy VII.

2.4   Hasil Akhir Permainan
2.4.1   Hasil Akhir Game Pokemon Emerald 
Pertarungan akan berakhir apabila salah satu dari kedua tim kehilangan seluruh Pokemonnya. Jika pemain berhasil mengalahkan seluruh Pokemon lawan, maka Pokemon akan mendapatkan XP Points yang digunakan untuk menaikkan level Pokemon tersebut. Pemain akan mendapatkan uang yang dapat digunakan untuk membeli item di Pokemon Mart setelah berhasil mengalahkan trainer. Namun, jika semua Pokemon yang dibawa oleh pemain pingsan/kehilangan seluruh nyawa, maka pemain akan kalah dan kehilangan sejumlah uang. Pemain juga akan dibawa ke Pokemon Center terdekat. Pemain dapat mencoba untuk kembali melawan trainer yang sudah mengalahkannya.

2.4.2   Hasil Akhir Game Final Fantasy III
Akhir pertemuan pada game ini adalah melawan The Cloud of Darkness. Ia akan mengejek Anda, Dark Warriors akan melemahkan dia, dan pertempuran terakhir akan segera dimulai.
Dimulai dengan serangan pertamanya. Ini adalah bagian panjang. Satu Tentacle akan Protect dan Haste, sementara yang lain menggunakan Bad Breath. Dia akan menyerang Anda dan kadang-kadang menggunakan Particle Beam, yang jauh lebih lemah dari sebelumnya.
Ada pendekatan standar untuk mengalahkan dia: 2 Sages, dan 2 Ninjas. Pendekatan ini sekarang gagal total. Alasan: sihir terkuat sekarang sampah. Tentu, Kumo-chan lambat, tapi dia masih lebih cepat daripada seorang Sage.
Pendekatan yang lebih efektif untuk digunakan yaitu dengan devout job karena jauh lebih baik dari white magic, dan dapat menangani Curajas lebih tanpa pulih MP. Karena Curaja adalah jauh lebih kuat, mantra, dan karakter memiliki HP kurang, Anda hanya akan butuh satu. Anda juga dapat memiliki Knight, di baju besi Crystal penuh, dilengkapi dengan Aegis shield di tempat senjata sehingga dapat menghindari semua penyakit status dan menggunakan item menyerang dan Elixirs yang diperlukan. Pertempuran akan lebih panjang tetapi Anda akan lebih mudah untuk bertahan hidup. Dua lainnya karakter harus menjadi spam Ninja Shuriken dan beberapa kelas lain yang dapat memberikan kerusakan besar.

2.5   Waktu Bermain pada Game Pokemon Emerald dan Final Fantasy III
      Pada dasarnya, permainan RPG membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan seluruh ceritanya. Pada game Pokemon Emerald untuk orang awam dapat menghabiskan waktu sekitar 10-12 jam jika bermain nonstop. Lama sistem battle di Game Pokemonnya tergantung lama player memberikan keputusan saat mengelola Pokemonnya dan banyak Pokemon yang dilawan. Jika lawan Pokemonnya masih mudah dikalahkan, waktu permainan bisa hanya berlangsung selama 5-8 menit dan jika lawan Pokemon lebih banyak dan kuat seperti di level terahkir permainan, waktu yang dibutuhkan bisa dicapai hingga 10-15 menit.
Untuk game Final Fantasy III dapat menghabiskan waktu sekitar 10 jam jika pemain sangat ahli dan tanpa kekalahan di permainan dan bermain nonstop. Untuk orang awam dapat menyelesaikan permainan ini bisa lebih lama lagi karena tingkat kesulitan untuk mengelola masing-masing karakter lebih tinggi dari game Pokemon. Terlebih lagi, musuh-musuh yang ada di Game Final Fantasy III ini lebih tangguh dan lebih sering berhadapan musuh yang jumlahnya lebih dari satu dibanding Game Pokemon Emerald.



BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan 
            Pengertian game RPG secara singkat adalah jenis genre game dimana pemain mengontrol aksi dari karakter atau grup dalam sebuah dunia fiksi dalam video game. Artinya dalam game tersebut memiliki ruang lingkup sendiri, dengan karakter, setting, item, dan terminologi yang unik dan khas. Tiap pemain kemudian harus memerankan karakter sesuai dengan perannya untuk bisa mengembangkan permainan. Game RPG juga membuat tiap player bisa memilih custom characters sesuai dengan yang mereka inginkan. Dalam game RPG, biasanya juga tersedia fitur single player ataupun multiplayer.
        
        Game Final Fantasi dan juga game Pokemon termasuk kedalam game RPG yang sangat diminati dikalangan pemain game RPG, mengapa game Final Fantasi dan Pokemon termasuk kedalam game bergenrekan RPG karena didalam game tersebut kita sebagai pemain gamenya bisa mengatur character dari yang kita mainkan sesuai dengan yang kita inginkan, lalu berinteraksi dengan NPC yakni karakter yang tidak bisa kita mainkan namun kita bisa berinteraksi dengannya dengan berkomunikasi dengan mereka guna menyelesaikan misi yang ada dan menjelajahi dunia game tersebut tak lupa mengumpulkan item-item yang digunakan didalam karakter yang kita gunakan. Game ini juga dapat bermain dalam mode single player ataupun multiplayer. Itulah mengapa Pokemon dan Final Fantasi termasuk kedalam game yang berjenis kan RPG.  

           Perbedaan antara game pokomen dengan game Final Fantasi yaitu game pokemon mengambil jalan cerita dari sang trainer Pokemon sedangkan Final Fantasy mengambil cerita tentang para hero yang dimainkan didalam game tersebut. Sistem battle untuk Pokemon itu dengan cara Pemain harus memilih salah satu spesies Pokemon yang akan pertama kali digunakan dalam pertarungan, sedangkan pokemon yang lainnya tidak terlibat pertarungan sebelum pemain mengganti pokemonnya terlebih dahulu. Jika spesies pokemon diganti ketika pertarungan tidak akan menambah jumlah pokemon yang ada diarena, pokemon yang diganti tidak akan terkena damage dari spesies pokemon lawan ketika pertarungan. Sedangkan Final Fantasy dengan cara Semua karakter/hero akan terlibat didalam pertarungan sekaligus, pemain dapat memilih karakter siapa yang akan menyerang siapa yang akan bertahan ketika pertarungan dimulai. Jika ada salah satu karakter/hero yang bertahan maka karakter tersebut tidak bisa lari dari pertarungan, dan damage akan tetap berlaku pada karakter tersebut.
  
       Perbedaan yang mendasari dari pengalaman bermain kedua game tersebut terdapat pada penggunaan algorimanya. Algoritma yang digunakan pada game Pokemon itu menggunakan algoritma Greedy yang digunakan   untuk   mencari elemen    Pokemon    yang    terkuat    untuk    mengalahkan musuh,  serta  dapat  mengurangi  derajat  kekalahan  pada pemain    sebagai    implikasi    kekuatan    party    pemain Pokemon. Sedangkan pada game Final Fantasy itu menggunakan algoritma backtracking. Algoritma back-tracking atau (algoritma runut balik) adalah algoritma yang berbasis pada DFS (Depth First Search). Algoritma back-tracking dapat mencari solusi lebih cepat daripada algoritma brute-force karena algoritma ini tidak mencari semua kemungkinan solusi yang ada. Penggunaan dari algoritma ini dilakukan sebagai cara tercepat untuk mencapai pemilihan job yang diinginkan oleh player. Misal jika ingin memiliki job lancer maka yang diperlukan adalah mencapai job thief dengan job level 3, archer job level 2 dan squire job level 2. Kita tidak perlu menjadi knight, monk, atau geomancer.

            Selain Algoritma Backingtrack yang digunakan untuk pemilihan job pada game Final Fantasy III, algoritma greedy juga berperan dalam hal gameplay yang terdapat pada Game Final Fantasy.

       Dalam hal ini algoritma Greedy dapat digunakan untuk pemilihan karakter dalam 1 tim. Pemilihan karakter dibagi 3, 2 orang pertama sebagai penyerang lalu 2 orang sebagai bertahan kemudian 2 orang sisanya sebagai pendukung dalam tim.

3.2  Saran
Didalam pembuatan game selalu ada kesalahan yang terjadi baik itu dari sang pembuat game maupun user game yang melakukan pengubahan bahkan perusakan terhadap game tersebut sehingga masih banyak yang harus diperbaiki dalam game tersebut misal dari bug yang ada disetiap game baik itu game Pokemon ataupun game Final Fantasy. Juga terhadap serangan orang-orang yang ingin berbuat curang dalam bermain game yaitu dengan penggunaan cheat dalam proses bermain gamenya agar lebih mudah dalam menyelesaikan tantangan.

Untuk semua pemain game Pokemon dan juga Final Fantasy sebaiknya tidak menggunakan program terlarang guna mempermudah dari proses bermainnya game tersebut sehingga tercipta permainan yang mengasah kemampuan dari setiap player yang memainkan game tersebut. Untuk pembuat game atau developer dari tiap game tersebut semoga selalu memberikan update update yang mampu memperbaiki game tersebut ataupun mampu meningkatkan peforma yang baik dari game tersebut agar peminat dari game Pokemon dan juga Game Final Fantasy tidak mudah bosan dan selalu ingin memainkan game Tersebut. 

Jangan bermain game terlalu lama karena dapat merusak kesehatan dan juga membuang waktu yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal positif lainnya baik dalam bekerja maupun belajar. Terima kasih. 

Komentar

Postingan Populer