TUTORIAL MEMBUAT POSTER BERTEMA IKLAN



Pembuatan poster beserta tutorial dan filosofi poster ini merupakan tugas mata kuliah softskill, yaitu Desain Pemodelan Grafis.B

FILOSOFI POSTER
Poster ini bertemakan luar angkasa dan merupakan poster untuk mengiklankan grand opening toko ‘Moonicorn Stationary’. Tema luar angkasa yang saya gunakan ini maksudnya karena rocket melambangkan sesuatu yang meluncur tinggi ke angkasa melewati batas langit sehingga diharapkan dengan dibukanya toko tersebut dapat terus meningkat kemajuannya sampai setinggi-tingginya. Logo untuk toko ini juga menggunakan logo yang telah saya buat sebelumnya dan tutorial pembuatannya ada dipostingan blog sebelumnya.


 TUTORIAL PEMBUATAN POSTER

Pertama, buka aplikasi yang akan digunakan untuk membuat poster. Disini saya menggunakan aplikasi untuk mobile phone yang lebih praktis yaitu Canva yang dapat didownload secara gratis di Play Store.

Setelah masuk ke aplikasi, pilih Poster kemudian pilih Blank design untuk membuat poster dari awal (yang ditandai garis merah). Pada aplikasi ini juga terdapat banyak templates yang disediakan oleh aplikasi dan dapat langsung digunakan secara gratis.

Pada blank design, pertama-tama berikan warna background sesuai keinginan.

     Selanjutnya menambahkan isi poster yang berupa informasi-informasi yang akan ditunjukkan. Untuk menambahkan teks pada design, pilih icon ‘+’ yang tersapat dipojok bawah aplikasi kemudian pilih icon ‘T’ (yang ditandai garis merah).

       Ketikkan tuliasan pada kolom teks. Teks dapat diedit font, ukuran, warna, bold, dll. Seperti pada gambar dibawah.

Teks juga dapat langsung diduplikasi.

    Setelah itu, teks disesuaikan posisinya. Kemudian menambahkan animasi berupa gambar ataupun sticker untuk menambah nilai estetika poster. Pada icon ‘+’ pilih ilustrasi kemudian ketikkan animasi yang diinginkan pada kolom pencarian seperti pada gambar dibawah.

Animasi juga dapat digunakan secara gratis dan dapat diubah warna serta ukurannya. Kemudian sesuaikan letak animasi.

       Lakukan dengan cara yang sama seperti sebelumnya untuk menambahkan tambahan teks. Saya menambahkan teks baru dengan menggunakan font, ukuran, dan warna seperti pada gambar dibawah.
  
       Selanjutnya saya mengganti salah satu huruf ‘o’ pada teks ‘soon’ dengan gambar logo toko, dengan cara menambahkan gambar yang diambil dari gallery.


Selanjutnya adalah menambahkan informsi lokasi dan waktu grand opening toko serta tawaran menarik untuk menarik pengunjung menjadi ingin datang ke grand opening toko.

      Lanjut menambahkan animasi pada poster dnegna cara yang ssama seperti sebelumnya. Pada animasi awan dibawah, saya ganti warnanya menjadi putih dan saya ubah transparasinya.

Lanjut dengan menyesuaikan posisi awan-awan lalu hasilnya akan seperti gambar dibawah.

Kemudian saya juga menambahkan animasi roket dengan pewarnaaan dan disesuaikan seperti pada gambar dibawah.

     Informasi terakhir yang ditambahkan adalah alamat media untuk mencari informasi lebih mengenai acara grand opening ataupun hal lainnya mengenai toko. Format teks yang ditambahkan seperti pada gambar dibawah.

Tahap akhir dari pembuatan poster ini adalah menambahkna animasi bintang-bintang karena tema background poster ini yaitu luar angkasa. Pertama menambhakan bintang yang hanya bulatan kecil saja dengan warna putih dan ungu terang yang diletakkan disekitarbackground untuk menghias latar poster. Kemudian menambahkan animasi bintang berwarna kuning yang juga diposisikan disekitaran latar poster hingga tampilan poster sudah menjadi cukup menarik dan terlihat seperti diluar angkasa.



Selesai.













































Komentar

Postingan Populer