TUTORIAL MEMBUAT LOGO DAN FILOSOFINYA


   Pembuatan logo beserta tutorial dan filosofi logo ini merupakan tugas mata kuliah softskill, yaitu Desain Pemodelan Grafis.


 TUTORIAL PEMBUATAN LOGO

   Pertama, buka aplikasi untuk membuat logo. Disini saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshope CS6.

   Kemudian akan muncul jendela pengaturan ukuran lembar kerja. Pengaturannya sesuai seperti gambar diatas.


Tampilan aplikasi akan menjadi seperti diatas.


   Pada desain logo ini, saya membentuk model unicorn menggunakan penggabungan shape lingkaran dan beberapa garis. Tambahkan lingkaran pertama kedalam lembar kerja kemudian sesuaikan dengan bentuk yang akan dibuat. Lingkaran yang digunakan hanya garis tepi saja dan tidak diberikan warna fill. Ketebalan garis lingkaran yaitu 8,41 pt.


   Kemudian, lingkaran tersebut disesuaikan lagi dengan menggunakan eraser. Hapus bagian yang tidak diperlukan sampai sesuai dengan desain logo.


   Tambahkan lingkaran lagi untuk membentuk bagian bentuk logo selanjutnya. Hapus dan sesuaikan kembali dengan cara yang sama seperti sebelumnya.


   Selanjutnya, masih menggunakan cara yang sama seperti sebelumnya. Lingkaran ditambahkan satu persatu. Untuk mengubah ukuran lingkaran menggunakan shortcut CTRL+T.


   Proses pembentukan desain unicorn yaitu seperti diatas. Pada bagian atas sayap dan tanduk unicorn menggunakan shape kotak karena harus berupa garis lurus. Sama seperti pada cara yang digunakan pada shape lingkaran, shape kotak disesuaikan dan dihapus bagian yang tidak diperlukan. Sedangkan pada tanduk, untuk membuat bentuk runcing menggunakan tools yang terletak dipojok atas aplikasi saat men-select shape.


Tambahan desain diatas merupakan inisial diri saya sendiri, yaitu tulisan Ai.


Beri warna background dan gambar desain sesuai keinginan. Klik kanan pada background kemudian pada layer background pilih layer from background maka akan muncul jendela untuk mengubah warna background. Begitu pula dengan lambang unicorn, menggunakan cara yang sama seperti pada pewarnaan background.


Tahap terakhir pembuatan logo ini adalah membentuk logo menjadi bulat. Carannya yaitu dengan menambahkan shape lingkaran dan sesuaikan dengan desain. Potong bagian logo yang ingin digunakan kemudian pindahkan ke lembar kerja baru yang transparan.


FILOSOFI LOGO

Logo diatas memiliki beberapa filosofi. Logo diatas saya tujukan untuk menjadi logo suatu brand produk. Logo ini hanya terdiri dari lambang unicorn berwarna putih sebagai lambang utama logo dan tulisan Ai sebagai inisial pembuat, dibingkai berbentuk lingkaran berwarna pink.

Unicorn sendiri memiliki banyak makna baik yaitu kesucian, kekuatan, kehormatan, kesetiaan, dan kelangkaan. Unicorn juga sering digunakan dalam simbol kesatriaan. Sehingga lambang unicorn pada logo ini mengartikan hal-hal baik (sesuai dengan makna unicorn itu sendiri) yang bertujuan agar produk yang dipasarkan memiliki nilai-nilai baik dari makna lambang unicorn tersebut.

Bentuk lambang unicorn yang dibuat menggunakan lingkaran-lingkaran yang dihubungkan dimaksudkan suatu keterhubungan lingkaran kehidupan yang padu. Penggunaan lingkaran membuat bentuk yang tidak kaku dengan lengkungan-lengkungan yang dapat diartikan kefleksibel-an.

Tambahan tulisan Ai hanya sebagai inisial dari pembuat logo. Untuk makna warna pada logo menggunakan warna yang cerah agar menarik dan menambah nilai estetikanya. Warna putih pada garis-garis lambang unicorn dimaksudkan sebagai suatu kesederhanaan dan kesucian sehingga melengkapi arti simbol dari unicorn itu sendiri. Warna pink muda pada background melambangkan kefeminim-an karena logo ini merupakan logo untuk produk-produk perempuan dan pembuat logo juga seorang perempuan.

Tepi logo yang berbentuk lingkaran mengartikan lingkaran disekitar lingkungan bisnis yang diharapan dapat terus berputar dan mencapai kesuksesan.






Komentar

Postingan Populer