MENGANALISIS WEBSITE PRIBADI (BLOGSPOT)

Menganalisis website pribadi (BlogSPOT)


Web (Website)  adalah kumpulan halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga dapat diakses dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet, dimana halaman tersebut menyajikan sejumlah data atau informasi berupa teks, gambar, animasi ataupun lainnya yang membentuk rangkaian tentang suatu pembahasan. Contoh dari bentuk website bermacam-macam, salah satunya adalah blogspot dan wordpress. Penggunaan blogspot dan wordpress sangat populer karena merupakan website pribadi yang biasa digunakan untuk berbagi suatu informasi.
         
          Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991, dan terus berkembang sampai dengan saat ini. Banyak kegunaan dari Website yang dapat membantu seseorang dalam mencari informasi yang relevan. Bahkan, website juga dapat menjadi ranah pencarian mata uang. Tujuan dari web science adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui source code dari web itu sendiri dan bagaimana kita dapat memanfaatkan web tersebut untuk melakukan hal yang positif.

          Menganalisis website diperlukan untuk mengetahui bentuk, tujuan, dan isi dalam web tersebut. Hal ini cukup diperlukan agar pencipta web dan pengunjung web dapat memaksimalkan kegunaan dari situs web tersebut. Dan juga, untuk mengtahui bagaimana cara agar website terlihat menarik dan bermanfaat untuk orang banyak.

Berikut merupakan analisis dari blogspot ini, yang berupa website pribadi. Analisa sesuai dengan kondisi blog saat ini.


Tampilan Website

1.     Nama Website
          Nama website menggunakan nama lengkap dari pencipta web. Tujuannya sebagai penanda kepemilikan. Font menggunakan jenis Times New Roman yang merupakan bawaan dari blogger.
  
2.    Tampilan Grafis Website

          Tampilan web menggunakan tema yang disediakan blogger (Mae Burke) dan belum banyak meerubah layout atau tampilan lainnya. Pada halaman beranda, tersedia menu untuk melihat profil pemilik blog, beberapa link universitas gunadarma, dan archieve pembahasan-pembahasan yang ada didalam blog tersebut. Background berwarna pink soft agar terlihat cerah dan feminin, serta font standar Times New Roman. Ukuran font disesuaikan oleh tema yang dibuat rapih dan tidak monoton.

Gambar pada tema web berupa foto vintage buah-buahan yang memberikan kesan simple dan tidak kaku.Tata letak artikel-artikel blog juga dibuat dalam 2 kolom dalam susunan kotak-kotak dengan tampilan gambar pada artikel, sehingga terkesan rapih dan mudah dipahami.

3.    Sistem Menu Website

                 



Menu berguna untuk memudahkan pengunjung web berinteraksi dengan web tersebut dan memberikan informasi  lebih lanjut seputar pemilik web, pintasan link, atau archieve artikel-artikel dalam web. Pada tema blog ini, menu diletakkan dalam pintasan  yang terletak diatas blog, kemudian muncul di sebelah kiri blog yang menggunakan scrollbar.

4.    Bahasa pada Website
Bahasa yang digunakan dalam blog ini adalah bahasa Indonesia sesuai dengan asal negara pemilik blog. Artikel-artikel yang tersedia dalam blog juga hanya permbahasan seputar tugas perkuliahan sehingga tidak menambahkan fitur translate bahasa.


Jenis Penulisan Website

·         Berdasarkan sifat           : Website ini termasuk kedalam jenis website dinamis, yaitu jenis halaman web yang disusun oleh konten dan layout yang kaya akan informasi didalamnya. Serta konten pada web juga berubah-ubah.
·         Berdasarkan fungsi       : Website ini termasuk kedalam jenis website pribadi (blogspot) yang digunakan untuk berbagi informasi.
·   Berdasarkan Platform   : Website ini termasuk kedalam website builder, yaitu memungkinkan pengunjung untuk membuat halaman web dengan mudah tanpa pengetahuan tentang HTML atau PHP. Web ini dibuat menggunakan perancang internet yaitu blogger.


Struktur Navigasi Website

          Website ini merupakan website pribadi berupa blog yang berfungsi memberikan sejumlah informasi seputar tugas perkkuliahan pemilik blog. Pengunjung web dapat berpindah halaman web denan cara melompat dari satu halaman ke halaman lainnya karena pada website ini menerapkan struktur linear, yaitu struktur web yang paling sederhana yang memiliki halaman pilihan yang tersedia dalam menu blog. Berikut merupakan gambaran struktur navigasi website ini:



Kerangka Website

Website ini memili kerangka yang terdiri dari Nama Blog, Header, Menu Blog, Page Body, dan Footer. Dalam Menu blog terdapat profil pemilik blog, link universitas gunadarma, dan archieve untuk masuk ke halaman artikel yang terdapat dalam blog.


Flowcart Website

Dimuali dengan masuk ke halaman utama yaitu beranda. Lalu setelah masuk ke beranda, pengunjut dapat memilih untuk langsung membaca artikel yang tersedia di beranda atau mencari artikel melalui menu blog. Setelah masuk ke halaman artikel yang dipilih, pengunjung membaca artikel dan memutuskan untuk selesai atau mencari artikel lainnya yang terdapat didalam blog. 



Komentar

Postingan Populer