STRUKTUR WEB DAN JENIS-JENIS WEB


STRUKTUR WEB DAN JENIS-JENIS WEB



STRUKTUR WEB
          Struktur Web merupakan suatu bentuk organisasi yang  digunakan untuk mengatur hubungan antar halaman web menjadi rapih dan tertata dengan baik sehingga membuat pengunjung web tertarik dan nyaman. Struktur web merupakan salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh web desainer agar nantinya isi atau info yang ingin disampaikan didalam web tersebut dapat lebih mudah untuk dipahami.
Struktur web terdiri dari 3, yaitu:

1.    Struktur Linear
Struktur linear merupakan bentuik dari struktur web yang paling sederhana atau bentuk paling dasar. Struktur linear terbagi 4, yaitu:

a.    Struktur linear murni
Struktur linear murni merupakan struktur linear yang niasa digunakan pada web sederhana yang mendasar, seperti personal page atau web-web kecil yang hanya memiliki 4-10 halaman saja.

b.    Struktur linear tambahan
Struktur linear dengan halaman tambahan merupakan struktur linear yang mirip dengan struktur linear murni, bedanya adalah pada struktur linear dengan halaman tambahan tidak dapat melompati halaman sehingga harus melihat halaman secara bertahap.

c.     Struktur linear dengan halaman pilihan
Struktur linear dengan halaman pilihan merupakan struktur web yang cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan. Cocok digunakan untuk isi web yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.

d.    Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur linear dengan halaman alternatif merupakan struktur linear yang didalamnya dibuatkan suatu halaman alternatif. Isi dari web ini bersifat menjelaskan halaman per halaman. Akan ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama, pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.


2.   Struktur Grid
Struktur grid merupakan struktur web yang menggabungkan bentuk dari struktur linear dengan halaman tambahan dengan struktur linear dengan halaman alternatif.


3.   Struktur Hierarki
Struktur hierarli merupakan struktur web mudah untuk dikembangkan dan bersifat fleksibel. Struktur ini yang paling sering digunakan oleh para desainer web karena terdapat sub-sub direktori. File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori. Gambar-gambar yang terdapat pada suatu halaman web ini akan disimpan dalam direktori tertentu.

Struktur hierarki terbagi 2, yaitu:
a.    Struktur Hierarki Lebar (Wide Hierarki)
Pada struktur web ini terdapat sebuah halaman depan yang menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web. Halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level.

b.    Struktur Hierarki Pendek (Narrow Hierarki)
Struktur web ini mirip dengan struktur hierarki lebar, bedanya adalah penempatan halaman-halamannya lebih masuk ke dalam. 


JENIS-JENIS WEB
A.   Pembagian Jenis Web Berdasarkan Sifat Terbagi 2, yaitu:

1.    Website Statis
Website statis adalah sebuah website yang konten dan tampilannya tidak berubah-ubah atau bersifat statis (tetap). Jika ingin merubah isi ataupun tampilan pada website statis, dilakukan secara manual dengan cara mengedit kumpulan kode yang menyusun website tersebut. Website ini biasanya dibuat menggunakan bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets).

a.    Kelebihan website statis:
·         Lebih mudah dan ringan diakses oleh pengunjung. Bisa diakses dengan mudah melalui sebuah aplikasi web browser.
·         Tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus untuk membuat web ini. Mudah dibuat dan dikembangkan karena biasanya hanya menggunakan bahasa pemrograman HTML.

b.    Kekurangan website statis:
·         Tampilannya sederhana karena hanya dibuat menggunakan HTML dan CSS.
·         Informasi dan konten yang terdapat pada website statis sifatnya tidak dapat diubah-ubah.
·         Tidak memiliki database untuk menyimpan konten yang terdapat dalam web.



2.   Website Dinamis
Berbeda dan berkebalikan dengan website statis, website dinamis merupakan sebuah website yang konten dan tampilannya dapat berubah-ubah, sehingga dapat melakukan interaksi secara aktif dengan para pengunjung web. Website dinamis juga lebih kompleks karena terdiri dari berbagai bahasa pemrograman, seperti Javascript, Python, PHP, dan lain sebagainya.

a.    Kelebihan website dinamis :

·         Website dinamis memiliki konten dan tampilan yang bisa berubah-ubah dan lebih bervarisasi serta interaktif daripada website statis.
·         Konten dan tampilan website dibuat secara terpisah sehingga bisa diakses lebih cepat
·         Mempunyai database yang dapat digunakan untuk menyimpan konten pada web.

b.    Kekurangan website dinamis :
·         Pembuatan sebuah website dinamis dikategorikan sangat sulit dan rumit.
·         Terdiri dari berbagai struktur yang kompleks, sehingga sulit bersaing di search engine.


B.   Pembagian Jenis Web dari Segi Konten dan Tujuan, terbagi:

1.    Website Pribadi
Website pribadi merupakan web yang digunakan untuk memuat informasi seseorang, baik itu public figure, tokoh, atau orang biasa. Biasanya berisi suatu informasi tentang seseorang yang dapat berupa biografi, pengalaman atau hal menarik lainnya.
Contoh website pribadi adalah seperti milik public figure Raditya Dika, sebelum menjadi seorang komika dan pemain film dulunya ia adalah seorang blogger.

2.   Website untuk Berbagi Foto
Website untuk berbagi foto merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai hobi ataupun minat terhadap dunia fotografi. Selain sebagai sarana untuk berkumpul dan membagikan hasil fotografi, website jenis ini juga bisa sebagai tempat untuk berbagi tips dan trik dalam dunia fotografi.
Contoh website untuk berbagi foto adalah instagram.



3.   Website untuk Berbagi Video
Website untuk berbagi video sama seperti pada website untuk berbagi foto, bedanya hanya terdapat pada media yang digunakan yaitu menggunakan video. Bisa mengupload video apapun asal tidak melanggar ketentuan dari website.
Contoh website untuk berbagi video adalah youtube.

4.   Website Informasi
Website informasi merupakan website yang paling umum ditemukan. Website informasi bertujuan untuk berbagi suatu informasi untuk para pengunjung web. Website informasi masih dapat dibedakan dalam beberapa konten lagi, seperti kesehatan, kecantikan, makanan, pendidikan, hiburan, dan masih banyak lainnya.
Contoh website informasi adalah blog aatu wordpress perkuliahan.

5.   Website Sosial Media
Website Sosial Media merupakan website yang biasanya sebagai tempat berkumpul dan mengekspresikan diri kedalam dunia maya. Website yang sangat digemari banyak orang dan banyak kegunaannya, seperti berkomunikasi, berbagi pengalaman, memberika informasi, bahkan komersial dan sebagainya.
Contoh website sosial media adalah Facebook, Twitter, dan lain-lain.

6.   Website Forum atau Komunitas
Website forum/komunitas merupakan website yang digunakan sebagai tempat berkumpul atau berkomunikasi yang lebih ditujukan untuk berdiskusi. Biasanya forum ini dibedakan lagi berdasarkan topik pembahasannya, misal forum/komunitas komputer.

Contoh website forum atau komunitas adalah Kaskus.

7.   Website untuk Tujuan Komersial
Website untuk tujuan komersil merupakan slaah satu contoh pemanfaatan perkembangan teknologi di era digitalisasi. Website komersial seperti e-Commerce biasanya digunakan untuk suatu tujuan, yaitu mempromosikan sesuatu. Website ini sudah sangat berkembang dan diminati banyak orang sebagai mata pencaharian dan jual-beli.
Contoh website untuk tujuan komersil adalah Tokopedia, BukaLapak, dan lain-lain.







Referensi:





Komentar

Postingan Populer