INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)



INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)




Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer

“HCI is about designing computer systems that suport people so that, they

can carry out their activities, productively and safety” – Jenny Preese.

Kutipan kalimat diatas dapat diartikan bahwa interaksi manusia dan komputer adalah suatu rancangan sistem komputer yang mendukung atau membantu manusia.

Human Computer Interaction = Interaksi Manusia dan Komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer. Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi yang beragam, yaitu dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan suatu komputer (benda)? Bagaimana manusia dapat menciptakan suatu dialog yang dapat dimengerti oleh komputer, demikian juga sebaliknya.

Human–Computer Interaction atau disingkat (HCI) atau yang dikenal dengan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan ilmu yang  mempelajari  hubungan antara manusia dan komputer, yang berupa serangkaian proses kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer melalui sebuah antarmuka untuk suatu tujuan tertentu serta mempermudah penggunaannya untuk manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.

Komputer sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dan mampu memberikan informasi serta hasil dari pengolahan tersebut. Interaksi membantu hubungan antara user dan sistem komputer dengan menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan computer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).



Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

·         Membuat sistem yang lebih dapat:
1.     Berguna (usable)
2.    Fungsional
3.    Aman
4.    Produktif
5.    Efektif
6.    Efisien

·         Meningkatkan interaksi antara manusia dengan  sistem komputer:
Sistem yang bermanfaat(usable) serta aman(safe), ialah sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa juga untuk mengembangkan serta meningkatkan keamanan(safety), utilitas(utility), ketergunaan(usability), efektifitas (efectiveness) serta efisiensinya(eficiency). Para perancang antarmuka berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab serta ramah dengan penggunanya(user friendly).



Media Antarmuka Manusia dan Komputer

·         Media Tekstual
“Bentuk sederhana komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks sehingga kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis CLI(Command Line Interpreter) seperti Cobol, Pascal dll.

·         Media GUI (Graphical User Interface).
“Bentuk komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan aplikasi pemrograman seperti Visual Basic, Delphi, Netbeans dll.



Contoh Interaksi Manusia dan Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

·         Contoh-contoh IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

1.     Penggunaan smartphone
2.    Pengaksesan internet
3.    Penggunaan barang elektronik seperti komputer atau laptop
4.    Pemanfaatan mesin ATM
5.    Penggunaan Internet Bangking
6.    Penggunaan Rontgen di Rumah Sakit, dll.


·         Contoh-contoh IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) dalam Bidang Keuangan, diantaranya:

1.     Kasir yang menghitung pembelanjaan pembeli menggunakan mesin kasir modern layar sentuh(touch screen) sebagai alat input-nya.
2.    Teller Bank yang menggunakan komputer untuk meng-update data nasabah seperti menabung, menarik tunai, transfer, dan sebagainya.
3.    Akuntan yang mengurusi keuangan perkantoran dengan menggunakan aplikasi komputer seperti Microsoft Excel.


Contoh-contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari pengaplikasian IMK dalam kehidupan. Masih banyak lagi contoh lainnya dalam bidang-bidang tertentu seperti dalam bidang kebudayaan, pendidikan, desain grafis, arsitektural dan lain-lain.



Komponen-komponen IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)
Komponen-komponen IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) meliputi 3 komponen:

1.     Manusia
Manusia merupakan pengguna(user) pemanfaat komputer, yang juga berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.

2.    Komputer
Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software(perangkat lunak)

3.    Interface
Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan dan keluaran melalui antarmuka. Antarmuka adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.



Hubungan IMK dengan Web Science

Web Science merupakan sebagai salah satu hasil dari pengaplikasian Interaksi Manusia dan Komputer(IMK). Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan dari sebuah Web agar dapat berguna diberbagai bidang kehidupan. Para pembuat situs Web Science berusaha agar bagaimana para pengunjung dapat tertarik dan mudah mengaksesnya, maka dari itu disinilah peranan IMK untuk membuat situs yang diinginkan ataupun sebaliknya yaitu memanfaatkan situs untuk keperluan tertentu. Peraan IMK lainnya yaitu dalam pencarian situs untuk pemanfaatannya, juga diperlukan agar mempermudah pengguna untuk mencari suatu informasi dalam situs Web Science tersebut. Dalam pengaruhnya bagi user atau dampak yang diakibatkan dari pengaplikasian  IMK dengan Web science ini juga dapat mempengaruhi perilaku sosial masyarakat, baik itu dampak positif ataupun negatif. Maka dari itu diharapkan para pengguna dapat dengan bijak memanfaatkan Web Science dalam pengaplikasian Interaksi Manusaia dan Komputer ini.



Referensi:

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
https://www.it-jurnal.com/interaksi-manusia-dan-komputer-imk/
https://witanduty.wordpress.com/interaksi-manusia-dan-komputer/

Komentar

Postingan Populer