INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
(IMK)
Pengenalan Dasar
Interaksi Manusia dan Komputer
“HCI is about designing computer systems that suport
people so that, they
can carry out their activities, productively and
safety” – Jenny Preese.
Kutipan kalimat diatas dapat diartikan bahwa interaksi
manusia dan komputer adalah suatu rancangan sistem komputer yang mendukung atau
membantu manusia.
Human Computer Interaction = Interaksi Manusia dan Komputer,
yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia
dan komputer. Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi yang
beragam, yaitu dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal
antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu
sendiri. Bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan suatu komputer (benda)?
Bagaimana manusia dapat menciptakan suatu dialog yang dapat dimengerti oleh
komputer, demikian juga sebaliknya.
Human–Computer Interaction atau disingkat (HCI) atau
yang dikenal dengan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer, yang
berupa serangkaian proses kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk
berinteraksi dengan komputer melalui sebuah antarmuka untuk suatu tujuan
tertentu serta mempermudah penggunaannya untuk manusia. Ilmu ini berusaha
menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.
Komputer sebagai
perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dan mampu
memberikan informasi serta hasil dari pengolahan tersebut. Interaksi membantu
hubungan antara user dan sistem komputer dengan menerjemahkan antara apa yang
diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan
computer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).
Tujuan Interaksi Manusia
dan Komputer
·
Membuat sistem
yang lebih dapat:
1. Berguna (usable)
2. Fungsional
3. Aman
4. Produktif
5. Efektif
6. Efisien
·
Meningkatkan
interaksi antara manusia dengan sistem
komputer:
Sistem yang bermanfaat(usable)
serta aman(safe), ialah sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem
tersebut bisa juga untuk mengembangkan serta meningkatkan keamanan(safety),
utilitas(utility), ketergunaan(usability), efektifitas (efectiveness) serta
efisiensinya(eficiency). Para perancang antarmuka berharap agar sistem komputer
yang dirancangnya dapat bersifat akrab serta ramah dengan penggunanya(user
friendly).
Media Antarmuka Manusia dan
Komputer
·
Media Tekstual
“Bentuk
sederhana komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks sehingga
kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk
teks yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis CLI(Command Line Interpreter)
seperti Cobol, Pascal dll.
·
Media GUI
(Graphical User Interface).
“Bentuk komunikasi
antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh
antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan aplikasi pemrograman
seperti Visual Basic, Delphi, Netbeans dll.
Contoh Interaksi Manusia
dan Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari
·
Contoh-contoh
IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:
1. Penggunaan smartphone
2. Pengaksesan internet
3. Penggunaan barang elektronik seperti komputer atau
laptop
4. Pemanfaatan mesin ATM
5. Penggunaan Internet
Bangking
6. Penggunaan Rontgen di Rumah Sakit, dll.
·
Contoh-contoh IMK
(Interaksi Manusia dan Komputer) dalam Bidang Keuangan, diantaranya:
1. Kasir yang menghitung pembelanjaan pembeli menggunakan
mesin kasir modern layar sentuh(touch screen) sebagai alat input-nya.
2. Teller Bank yang menggunakan komputer untuk
meng-update data nasabah seperti menabung, menarik tunai, transfer, dan
sebagainya.
3. Akuntan yang mengurusi keuangan perkantoran dengan
menggunakan aplikasi komputer seperti Microsoft Excel.
Contoh-contoh diatas
hanyalah sebagian kecil dari pengaplikasian IMK dalam kehidupan. Masih banyak
lagi contoh lainnya dalam bidang-bidang tertentu seperti dalam bidang
kebudayaan, pendidikan, desain grafis, arsitektural dan lain-lain.
Komponen-komponen IMK
(Interaksi Manusia dan Komputer)
Komponen-komponen IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)
meliputi 3 komponen:
1. Manusia
Manusia
merupakan pengguna(user) pemanfaat komputer, yang juga berbeda-beda dan
memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya
dalam menggunakan komputer.
2. Komputer
Komputer
merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan
software(perangkat lunak)
3. Interface
Manusia dan
komputer berinteraksi lewat masukan dan keluaran melalui antarmuka. Antarmuka adalah
bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
Hubungan IMK dengan Web
Science
Web Science merupakan sebagai salah satu hasil dari pengaplikasian
Interaksi Manusia dan Komputer(IMK). Web Science adalah ilmu yang mempelajari
tentang pemanfaatan dari sebuah Web agar dapat berguna diberbagai bidang
kehidupan. Para pembuat situs Web Science berusaha agar bagaimana para
pengunjung dapat tertarik dan mudah mengaksesnya, maka dari itu disinilah
peranan IMK untuk membuat situs yang diinginkan ataupun sebaliknya yaitu
memanfaatkan situs untuk keperluan tertentu. Peraan IMK lainnya yaitu dalam pencarian
situs untuk pemanfaatannya, juga diperlukan agar mempermudah pengguna untuk
mencari suatu informasi dalam situs Web Science tersebut. Dalam pengaruhnya
bagi user atau dampak yang diakibatkan dari pengaplikasian IMK dengan Web science ini juga dapat
mempengaruhi perilaku sosial masyarakat, baik itu dampak positif ataupun negatif.
Maka dari itu diharapkan para pengguna dapat dengan bijak memanfaatkan Web
Science dalam pengaplikasian Interaksi Manusaia dan Komputer ini.
Referensi:
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
https://www.it-jurnal.com/interaksi-manusia-dan-komputer-imk/
https://witanduty.wordpress.com/interaksi-manusia-dan-komputer/
Komentar
Posting Komentar